Gelar Operasi Hopal Toba 2023, Polres Simalungun Libatkan 304 Personel Gabungan

Polres Simalungun menggelar Operasi Kepolisian Mandiri dengan sandi 'Hopal Toba 2023' Polda Sumatera Utara. Operasi ini dalam rangka Event F1H2O Power Boat

topmetro.news – Polres Simalungun menggelar Operasi Kepolisian Mandiri dengan sandi ‘Hopal Toba 2023’ Polda Sumatera Utara. Operasi ini dalam rangka Event F1H2O Power Boat yang berlangsung mulai Hari Jumat hingga Minggu, 26 Februari 2023 di Pelabuhan Mulia Raja Balige.

Selain di lokasi utama, penonton juga dapat menyaksikan even di sepanjang Pantai Danau Toba Lumban Silintong, Jumat (24/2/2023).

Dalam pelaksanaan Operasi ‘Hopal Toba 2023’, Polres Simalungun mendirikan dua pos pengamanan di wilayah kota wisatawan Parapat. Yakni satu di depan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas. Lalu satu lagi di depan Pagoda Open Stage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH menjelaskan pos pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang datang ke Parapat. Juga sebagai tempat pusat informasi kepada masyarakat yang datang ke Parapat.

“Sehingga para wisatawan yang datang dapat merasa aman dan nyaman selama berada di wilayah Kota Parapat. Dan memiliki rasa ingin kembali ke tempat ini,” katanya.

Selain itu, pendirian Pos Pam Operasi ‘Hopal Toba 2023’ Polres Simalungun di dua tempat bertujuan, agar masyarakat dapat secara cepat apabila membutuhkan bantuan dari pihak kepolisian. Sekaligus menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga, aman, dan kondusif.

“Selama pelaksanaan Operasi ‘Hopal Toba 2023’, kami dari Polres Simalungun telah menyiagakan personel gabungan sebanyak 304 personel. Polres Simalungun sebanyak 144 personel, BKO Sabara Polda Sumut sebanyak 90 personel, Kodim 0207/SML sebanyak 10 personel, Dinas Perhubungan Simalungun sebanyak 144 personel dan Sat Pol-PP Simalungun sebanyak 30 personel,” urai Kapolres Simalungun.

Untuk jalur lalu lintas, Kapolres juga sudah menempatkan personel Sat Lantas Polres Simalungun di titik-titik yang mereka nilai rawan kemacetan. “Agar dapat melakukan pengaturan sehingga arus lalu lintas dapat berjalan lancar,” tandas AKBP Ronald.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment